24/01/2011

BIMBINGAN BELAJAR DI SD


1. Definisi belajar
Belajar adalah suatu proses perubahan pengetahuan atau perilaku sebagai hasil dari pengalaman. Pengalaman ini terjadi melalui interaksi antara individu dengan lingkungannya.
2. Definisi belajar
Bimbingan belajar di SD bertujuan :
a. Pengembangan sikap dan sikap kebiasaan yang baik
b. Menumbuhkan disiplin belajar dan terlatih
c. Mengembangkan pemahaman dan pemanfaatan kondisi fisik, sosial, dan budaya.
3. Jenis- jenis masalah belajar
Masalah belajar adalah suatu kondisi tertentu yang dialami oleh urid dan menghambat kelancaran proses belajarnya.
a. Keterlambatan akademik
b. Ketercecapatan dalam belajar
c. Sangat lambat dalam belajar
d. Kurang motivasi dalam belajar
e. Bersikap dan kebiasaan buruk dalam belajar
f. Sering tidak sekolah
4. Mengidentifikasi murid yang diperkirakan mengalami masalah belajar
a. Tes hasil belajar adalah alat yang disusun untuk mengungkapkan kapan sejauh mana murid telah mencapai tujuan- tujuan pengajaran yang telah ditetapkan sebelumnya
b. Tes kemampuan dasar
c. Skala sikap dan kebiasaan belajar
5. Faktor- faktor penyebab terjadinya masalah belajar murid di SD
1. Masalah belajar dapat timbul oleh berbagai sebab yang berlainan
2. Dari sebab yang sama dapat timbul masalah yang berlainan
3. Sebab- sebab masalah dapat saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain.
a. Faktor internal
1. Gangguan secara fisik
2. Ketidakseimbangan mental
3. Kelemahan emosional
4. Kelemahan yang disebabkan oleh kebiasaan dan sikap yang salah
b. Faktor eksternal
1. Sekolah
2. Keluarga
6. Upaya membantu murid dalam mengatasi masalah belajar
a. Pengajaran perbaikan adalah suatu bentuk pengajaran yang bersifat menyembuhkan atau membetulkan
b. Kegiatan pengayaan suatu bentuk layanan yang diberikan kepada seorang atau beberapa orang murid yang sangat cepat dalam belajar
c. Peningkatan motivasi belajar
d. Peningkatan ketrampilan belajar
e. Pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik

0 comments: