BIMBINGAN BELAJAR DI SD
1. Definisi belajar
Belajar adalah suatu proses
perubahan pengetahuan atau perilaku sebagai hasil dari pengalaman. Pengalaman
ini terjadi melalui interaksi antara individu dengan lingkungannya.
2. Definisi belajar
Bimbingan belajar di SD bertujuan :
a. Pengembangan
sikap dan sikap kebiasaan yang baik
b. Menumbuhkan
disiplin belajar dan terlatih
c. Mengembangkan
pemahaman dan pemanfaatan kondisi fisik, sosial, dan budaya.
3. Jenis- jenis masalah belajar
Masalah belajar adalah suatu kondisi
tertentu yang dialami oleh urid dan menghambat kelancaran proses belajarnya.
a. Keterlambatan
akademik
b. Ketercecapatan
dalam belajar
c. Sangat
lambat dalam belajar
d. Kurang
motivasi dalam belajar
e. Bersikap
dan kebiasaan buruk dalam belajar
f. Sering
tidak sekolah
4. Mengidentifikasi murid yang
diperkirakan mengalami masalah belajar
a. Tes hasil belajar adalah
alat yang disusun untuk mengungkapkan kapan sejauh mana murid telah mencapai
tujuan- tujuan pengajaran yang telah ditetapkan sebelumnya
b. Tes kemampuan dasar
c. Skala sikap dan kebiasaan belajar
5. Faktor- faktor penyebab
terjadinya masalah belajar murid di SD
1. Masalah
belajar dapat timbul oleh berbagai sebab yang berlainan
2. Dari
sebab yang sama dapat timbul masalah yang berlainan
3. Sebab-
sebab masalah dapat saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain.
a. Faktor internal
1. Gangguan
secara fisik
2. Ketidakseimbangan
mental
3. Kelemahan
emosional
4. Kelemahan
yang disebabkan oleh kebiasaan dan sikap yang salah
b. Faktor eksternal
1. Sekolah
2. Keluarga
6. Upaya membantu murid dalam
mengatasi masalah belajar
a. Pengajaran
perbaikan adalah suatu bentuk pengajaran yang
bersifat menyembuhkan atau membetulkan
b. Kegiatan
pengayaan suatu bentuk layanan yang diberikan
kepada seorang atau beberapa orang murid yang sangat cepat dalam belajar
c. Peningkatan
motivasi belajar
d. Peningkatan
ketrampilan belajar
e. Pengembangan
sikap dan kebiasaan belajar yang baik
0 comments:
Post a Comment